Siapa Manusia Pertama Yang Melakukan Ibadah Puasa ?

Sejak kapan manusia di wajibkan berpuasa ? Siapa Manusia Pertama Yang Melakukan Puasa ? - Rentetan sepanjang sejarah puasa jika kita buka lebih jauh ternyata Puasa tidak hanya dilakukan oleh para umat Muslim pengikut Nabi Muhammad ﷺ, melainkan telah dilakukan oleh para nabi-nabi dan rasul terdahulu sebelum Nabi Muhammad ﷺ seperti puasanya Nabi Adam Alaihi Salam, Nabi Daud Alaihi Salam, Nabi Nuh Alaihi Salam.


(QS Al Baqarah 183 )

Baca juga : Apa Pengertian Hilal Dalam Sidang Isbat Satu Ramadhan Atau Satu Syawal.

Apakah ada sejarah khusus yang menerangkan mengapa Allah SWT memerintahkan umat Islam puasa di Bulan Ramadan? Dan Nabi siapa yang pertama kali melaksanakan ibadah puasa? belum di ketahui secara pasti.

Para ahli sejarahpun banyak yang menyebutkan bahwa permulaan diwajibkannya puasa itu sejak masa Nabi Nuh AS. Bahkan beliau termasuk orang yang pertama kali melakukan puasa di bulan Ramadan setelah beliau keluar dari bahtera/kapal yang sebelumnya terjadi banjir terbesar sepanjang sejarah umat manusia.

Ada pula sumber yang mengatakan bahwa awal permulaan ibadah puasa yang di lakukan Manusia adalah Puasa yang dilakukan oleh Nabi Adam Alaihi Salam, Puasa yang dilakukan oleh Nabi Adam Alaihi Salam adalah bentuk Syukur Agung dari tobatnya yang diterima Allah Subhanahu Wata’ala setelah melanggar laranganya dan di usir dari surga bersama Hawa akibat memakan buah khuldi.

Nabi Adam Alaihi Salam berpuasa selama 3 hari setiap bulannya yaitu di tanggal 13,14 dan 15 pertengahan bulan Hijriyah atau yang lebih dikenal saat ini sebagai puasa yaumul bidh.

Akan tetapi dari beberapa sumber pendapat yang paling diunggulkan adalah yang diriwayatkan oleh Imam Nujahid bin Jabir (Salah satu mufassir dari generasi Tabi’in) dan salah satu pembesar dari muridnya Ibnu Abbas RA. Yaitu : “Sesungguhnya Allah SWT. Telah mewajibkan puasa kepada setiap umat manusia. Sedangkan seperti yang diketahui bahwa sebelun Nabi Nuh AS telah ada umat dan generasi dari masa ke masa sejak zaman Nabi Adam AS.” (Tafsir al-Jami’ilahkam al-Quran karangan Imam Al-Qurtubi Juz 2 hal.274 cetakan Dar Al-Kitab Al-‘Arobi th.1387 H/1967M)

Sedangkan Puasa Ramadan yang Allah wajibkan kepada Ummat Islam (umat Nabi Muhammad SAW) pada tahun ke-2 Hijriyah.