Adakah tanda tanda menjelang kematian dalam islam ?

triknews - Berbicara soal kematian berarti kita berbicara tentang sesuatu yang belum terjadi jika kita masih hidup atau ( kerahasiaan) . Artikel ini adalah lanjutan dari postingan kami beberapa waktu lalu yaitu Mati itu sakit atau nikmat . Membahas hal kematian orang cenderung lebih mengabaikan karna hal tersebut memang sesuatu yang tabu terkesan omong kosong karna tidak ada nya bukti nyata untuk dijadikan sebagai alat peraga. oky saya memak'lumi... baik kembali ke tema , ada bermacam-macam pernyebab fenomena yang terjadi yang berujung datangnya ajal dan saya yaqin saudara sering melihat dan mendengar akan hal itu.

Kematian adalah sesuatu yang sangat pribadi pada tiap-tiap diri manusia tak seorang pun tahu serta mampu memprediksi kapan ajal akan tiba, karana ALLAH lah Alimulghaib Sang pemilik kehidupan.

Kematian adalah perkara yang dirahasiakan ALLAH. Tak kurang dari 145 ayat dalam Al Qur'an yang menyebut atau membahas masalah kematian. Tidak ada yang tahu kapan, di mana dan bagaimana seseorang akan mati. Karena kematian menyangkut terpisahnya ruh dengan badan. Dan tidak ada yang tahu banyak tentang soal ruh kecuali Allah.

Allah berfirman :


وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الرُّوحِ قُلِ الرُّوحُ مِنْ أَمْرِ رَبِّي وَمَا أُوتِيتُم مِّن الْعِلْمِ إِلاَّ قَلِيلاً

Artinya : "Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, "Ruh itu urusan Tuhanku, sedangkan kamu diberi pengetahuan hanya sedikit." (QS Al Isra' 17:85)


Allah hanya memberi konfirmasi bahwa kematian itu ada dan kerena itu mengingatkan manusia bahwa kematian dapat datang kepada kita sewaktu-waktu dan tidak akan dapat dihindari.

Allah berfirman :
أَيْنَمَا تَكُونُواْ يُدْرِككُّمُ الْمَوْتُ وَلَوْ كُنتُمْ فِي بُرُوجٍ مُّشَيَّدَةٍ

Artinya : "Di manapun kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu berada di dalam benteng yang tinggi dan kokoh " (QS An Nisa 4:78)

قُلْ إِنَّ الْمَوْتَ الَّذِي تَفِرُّونَ مِنْهُ فَإِنَّهُ مُلَاقِيكُمٍْ

Artinya: "Katakanlah, "Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu." (Al Jum'ah 62:8)


Pembahasan Dari 145 ayat Al Quran yang menyebut tentang kematian, tidak ada satupun yang membahas secara detil tentang tanda-tanda orang yang akan mati apalagi tanda itu dimulai sejak 100 hari sebelumnya. SUNGGUH ALLAH LAH PENGUASA HIDUP DAN MATI

Namun Dengan Maha Rakhman Dan Rakhimnya ALLAH, Allah pun memberi jalan petunjuk bagi hamba-hambanya yang ingin mengetahui tanda-tanda tersebut. Lalu bisakan tanda-tanda kematian itu di pelajari untuk di ketahui...?. InsaALLAH dengan KemurahanNYA serta HidayahNYA. ALLLAH MAHA SEGALA-GALANYA ,Tidak ada sesuatu yang mustahil jika Allah menghendaki NYA.

Lantas kemanakah tempat bertanya dan belajar tanda-tanda kematian itu ? Apa ada kitab khusus yang membahasnya ?
ALLAH memiliki manusia-manusia pilihan sebagai penyampai rissalah kepada semua hamba-hambanya yang mu'min, seperti para Nabi ,Shohabat 4,Waliyyullah , Ulama Shufi mereka inilah penyambung lidah kebenaran ilmu ilmu tentang ALLAH yang tidak lain termasuk peristiwa menjelang sakaratul maut .

Berhati-hatilah tentang tanda-tanda kematian yang ada di internet dengan tidak berdasarkan dalil yang mendukung baik dari Al Quran dan Hadits Nabi. Padahal, hanya kedua sumber itulah yang patut dan bisa dijadikan rujukan untuk masalah yang ghaib.

Kalau ada pendapat yang menyangkut masalah ghaib yang tidak bersumber dari Quran dan hadits Nabi, maka pendapat itu kemungkinan didapat dari hasil mimpi atau bisikan jin atau setan. Yang semuanya cenderung menyesatkan dan tak layak dipercaya.

Seorang muslim yang ingin memperbaiki dirinya hendaknya mencukupkan diri pada nasihat langsung dari Al Quran dan Hadits Qudsi atau dari pendapat Ulama Shufi yang berdasarkan pada kedua sumber utama Islam tersebut.

Mohon beri kami saran jika ada tulisan yang tidak sesuai...!
Demikian penjelasan kami mengenai artikel Adakah tanda tanda menjelang kematian dalam islam Semoga bisa menjadi referensi serta bermanfaat bagi anda.