Hati-Hati Rentenir Pinjaman Dana Online Berbasis Aplikasi

Triknews - Di era jaman serba internet ini, Situs-situs pinjaman online semakin banyak bergentayangan di sosial media, pinjaman online atau pinjaman dana cepat cair ini biasanya berbasis Aplikasi. Barang siapa calon nasabah yang ingin meminjam dana cepat cair secara online, maka ia diharuskan menginstal Aplikasi yang ada PlayStore terlebih dahulu.


Dulu, kita hanya mengenal bank, atau lembaga pembiayaan (multifinance), koperasi kalau soal pinjam meminjam, maka di era internet ini kita mengenal Peer to peer lending, fintech lender, dan fintech aggregator dll. Mengakses pinjaman zaman sekarang menjadi semakin mudah. Kemudahan memperoleh pinjaman ini bak pisau bermata dua. Satu sisi, kemudahan mengakses pinjaman akan menguntungkan bagi mereka yang memang sangat membutuhkan proses cepat. Sisi lain, kemudahan ini membuat seseorang bisa lebih mudah terbelit utang yang tak berujung apabila dalam prosesnya kurang berhati-hati.

Salah satu hal yang perlu kita waspadai adalah, kehadiran rentenir online. Istilah ini kembali dilontarkan oleh Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mengingatkan masyarakat terhadap tawaran pinjaman uang online berbunga sangat tinggi, jauh di atas bunga pinjaman perbankan.

Baca juga :

Menyikapi Bahaya Aplikasi Pinjaman Uang Berbasis Online

fenomena peminjaman uang secara online berbasis aplikasi kini semakin banyak di temui di jejaring media sosial, seperti Facebook, twitter, dan juga iklan dilama-laman website. Anda sering membuka play store ? ada begitu banyak aplikasi dengan embel-embel Dana tunai cash, pinjaman uang tunai satu menit cair hanya dengan satu persyaratan E-ktp. Anda bisa mengecek satu persatu nama Aplikasi yang menawarkan pinjaman dana cepat cair di PlayStore.

Sekarang Rentenir bukan hanya ada di pedesaan atau pasar-pasar. Mereka kini mulai menyusup dan menyodorkan pinjaman tanpa ribet satu hari cair hanya dengan modal nomer telepon dan E-ktp. Inilah yang disebut rentenir online. Tanpa kecermatan mencari pinjaman, Anda bisa terjebak rayuan rentenir online dengan iming-iming dana cepat cair. Sebab itu, ketahui lebih banyak ciri rentenir online dan cara kerja mereka.

Ciri utama rentenir adalah mereka menyediakan pinjaman atau utang dengan beban bunga di luar kewajaran. Sebagai contoh, bunga pinjaman tanpa agunan yang berlaku di pasar saat ini rata-rata di kisaran 1 persen sampai 3 persen per bulan. Ini adalah tingkat bunga pinjaman tanpa agunan yang ditawarkan oleh lembaga keuangan resmi seperti bank, multifinance, hingga koperasi.

Tidak jarang ditemui kasus di mana pinjaman dana dari rentenir hitungan bunganya dipatok per jam. Hitungan bunga juga bunga berbunga sehingga sekali terjerat rentenir, akan sulit bagi seseorang untuk lepas. Banyak kejadian di mana jerat rentenir atau si lintah darat ini memicu masalah lain yang lebih kejam, mulai dari kriminalitas, Ancaman kekerasan, konflik rumah tangga sampai hal-hal buruk lainnya.

Alamat kantor Perusahaan di samarkan.

Ini perlu menjadi catatan anda, lokasi kantor aplikasi jasa peminjaman. Hal ini penting, saat anda terlibat masalah/kasus dengan peminjamam anda. Anda bisa mendatangi kantor dan menyelesaikannya secara langsung. Akan tetapi tidak sedikit nama dan alamat perusahaan justru malah di sembunyikan atau tidak ada. Nah apabila hal ini yang anda temui, anda akan repot dan tidak menutup kemungkinan anda akan menghadapi teror di kemudian hari.

Catatan :
*Jangan sekali kali melakukan atau bertransaksi pijaman dana tunai cepat cair secara online....berbahaya!!!!. jika anda terdesak yang membutuhkan dana tunai, hubungi lembaga pembiayaan (multifinance), koperasi yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)resmi.