Anda Hobi Main Internet? Ketahui Kenapa Kuota Internet Cepat Habis

Triknews - Ketahui Kenapa Kuota Internet Cepat Habis. Beberapa pengguna sering mengeluhkan jika kuota internet mereka cepat habis. Tentu saja hal ini menjadi hal yang tidak menyenangkan. Sebab, di zaman teknologi seperti sekarang ini segala informasi didapatkan dari internet iya kan?.


Namun rasa jengkel muncul ketika paket data kuota kita tiba-tiba ludes. Lebih-lebih kita ngerasa baru aja beli paket tersebut. Nggak jarang ya kita alami, kuota untuk sebulan eh cuma jadi seminggu, sebagai bandar kuota kita rugi dong. Nah untuk menghindari hal kayak seperti ini, ada beberapa hal yang harus kita waspadai, apa saja yang membuat kuota kita habis dimakan si iternet?

Di sisi lain, Para pengguna Android tentu punya aplikasi Play Store yang digunakan untuk mendownload dan menginstal aplikasi. Selain itu Play Store juga memiliki setting default Update otomatis. Asal tahu saja, hampir semua aplikasi sosial media dan lainnya selalu mengalami pengembangan fitur setiap tahun setiap bulan bahkan setiap harinya. Dan artinya, Play Store akan otomatis mengupdate itu semua. Tentu hal ini memakan banyak sekali data. Maka dari itu, penting juga untuk mematikan update otomatis. Untuk melakukan hal itu kita bisa membuka setting di Play Store dan pilih do not auto-update apps, artinya (jangan updatde otomatis)

Perlu anda ketahui, ternyata sistem pada android ada beberapa aplikasi dibuat berjalan otomatis di belakang layar. Artinya, aplikasi ini berjalan sendiri meski kita tidak membukanya. Dan tentu saja kuota internet kita berkurang karena aplikasi tersebut. Wah, sangat sia-sia bukan. Karena itu untuk menghemat kuota kita perlu mematikan seluruh aktivitas background.

6 Aktifitas ponsel yang membuat kuota cepat habis


1. Terlalu sering mengupload video ke YouTube
Mengunggah video ke YouTube bisa memakan banyak kuota internet lho. Setiap video yang memiliki resolusi high-definition (HD) bisa memakan kuota internet hingga 200MB per menit. Bayangkan jika kamu mengunggah video HD bedurasi lebih dari 10 menit. Maka kuota internetmu yang hanya 2GB per bulan bisa langsung habis untuk mengunggah video ini. Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk menggunakan koneksi Wi-Fi ketika ingin mengunggah video di YouTube.

Baca juga :

2. Video Call
Video Call juga menjadi salah satu hal yang membuat kuota internetmu boros. Video call umumnya mengonsumsi bandwidth 3 MB per menit. Jika kamu ingin hemat kuota internet, sebaiknya kurangi aktivitas video call.


3- Online Game
Online Game yang memiliki jenis real-time action mampu memakan kuota inernet yang cukup banyak. Pada game online jenis real-time ini diperkirakan membutuhkan 1 MB data per menit. Permainan dalam durasi panjang pun akan semakin meningkatkan konsumsi kuota internet.

4. Pembaharuan atau update Applikasi otomatis
Sistem android kini sudah semakin canggih, namun kecanggihan dari sistem android tersebut juga ada dampak buruknya yaitu update Applikasi otomatis yang sekaligus mengintas di belakang layar, hal ini sering tidak di ketahui kebanyakan para pengguna ponsel karna proses update nya lebih banyak di belakang layar.

5. Streaming musik
Layanan streaming musik kini mulai banyak diminati. Namun, tahukah kamu bahwa streaming musik ternyata cukup banyak memakan kuota internet? Selain itu, kamu juga perlu menyediakan banyak ruang memori untuk menyimpan fie musik. Setiap musik yang diputar melalui streaming musik ini kamu membutuhkan 2,4 MB per menit untuk musik dengan resolusi 320 Kbps. Bayangkan jika kamu melakukan steaming musik selama satu jam, maka kuota internet yang kamu habiskan bisa mencapai 115 MB.

6. Streaming Video Youtube
Layanan streaming video dianggap paling banyak memakan kuota internet. Setiap kali kamu menonton video di YouTube, iTunes, Vimeo, Hulu dan aplikasi streaming video lainnya, kamu harus siap kehilangan banyak kuota internet. Konsumsi data saat melakukan streaming video bisa mencapai 50 MB per menit.

Jadi, jika kamu memiliki kuota internet yang terbatas, ada baiknya untuk menyimpan video secara offline terlebih dahulu dengan menggunakan wifi.