Ngalap berkah di makam keramat apakah termasuk ritual pesugihan ?

Berdo'a ngalap berkah di makam keramat apakah termasuk ritual pesugihan ? - Kegiatan ziarah kubur atau pun ngalap berkah di tempat tempat yang keramat sering kita temui, seperti ziarah makam para Wali, Syeh Sultan, Makam para danyang, Tokoh Ulama dan lain lainya. Makam makam ini di yaqini memiliki kekeramatan dan kekuatan magis oleh warga masyarakat pada umunya, mereka menganggap bahwa doa dan segala macam permintaan yang di panjatkan diatas kuburan atau makam tersebut sangat mustajab dan akan segera terkabulkan.

Gambar ilustrasi

Adapun makna Barokah dalam Al Qur’an dan As Sunnah adalah langgengnya kebaikan, kadang pula bermakna bertambahnya kebaikan dan bahkan bisa bermakna kedua-duanya. Sebagian ulama menyatakan sah-sah saja untuk berziarah ke kuburan orang orang sholeh (Masyahid - Aulia ). Alasan dan tujuannya adalah mengirim doa atau memohonkan ampunan atas segala dosa bagi si mayyit atau orang yang sudah meninggal. Memang sangatlah tipis perbedaan antara berdoa diatas kuburan dengan berdoa meminta kepada kuburan ( ngalap berkah ), untuk lebih spesifiknya coba perhatikan tulisan berikut ini.!

  1. Berdoa memohon kepada ALLAH yang dilakukan diatas kuburan ( makam ). masih di perbolehkan, karna masih pada jalur keyaqinan Ø¥ِÙŠَّاكَ Ù†َعْبُدُ ÙˆَØ¥ِÙŠَّاكَ Ù†َسْتَعِينُ
  2. Berdoa memohon kepada selain ALLAH yang dilakukan diatas kuburan atau meminta kepada kuburan ( makam ).tidak di perbolehkan karna ada unsur musrik

Baca juga :

Untuk kata ngalab berkah dalam bahasa Arab, berkah adalah kata dari Barokah bermakna tetapnya sesuatu, dan bisa juga bermakna bertambah atau berkembangnya sesuatu. Lain lagi kata Tabriik. Tabriik adalah mendoakan seseorang agar mendapatkan keberkahan. Sedangkan tabarruk adalah istilah untuk meraup berkah atau “ngalap berkah”.

Ngalap berkah dengan meminta kepada benda-benda seperti kuburan tua, benda pusaka, tempat praktik pesugihan termasuk ngalap berkah kepada makam serta kuburan ataupun sesuatu yang tidak logis seperti di tempat tempat angker dan wingit, makam para danyang, penunggu pohon tua termasuk pula hal yang terlarang yang jelas jelas doa dan permintaan tersebut di tujukan kepada selain ALLAH ini tidak di perbolehkan.

Lalu ngalap berkah di makam keramat seperti makamnya para wali apakah termasuk ritual pesugihan ?
tergantung niat dan tujuan anda, apakah niat anda masuk kategori poin nomer 1 atau 2.

*Mohon koreksi jika ada penulisan teks yang tidak benar !!!.