Apa Yang Mempengaruhi Harga BPK / CPC Iklan Adsense Naik Turun?

Apa yang menyebabkan harga BPK/CPC Iklan Adsense turun? - Salah satu faktor yang menentukan besar-kecilnya penghasilan publisher Google Adsense adalah harga BPK CPC, atau lebih dikenal dengan istilah BPK (Biaya per klik) di akun Adsense IDR, namun harga BPK CPC yang terkadang suka naik turun ini membuat kening para publiser menjadi berkerut atau justru menjadi girang saat harga BPK / CPC naik dengan ditandai pada laporan pendapatan adsense naik secara sigdifikan.

Di indonesia sendiri harga BPK setiap terjadi klik iklan masih kisaran 300 sampai 1000, namun biaya ini selalu berubah- ubah tergantung lelang pasar iklan, dan juga tidak terlepas dari optimasi kinerja blog, intensitas trafik blog, niche blog. Lebih parahnya lagi jika blog kita hanya di khususkan berniche tentang tutorial blogger, heemmm ...jangan berharap banyak soal pendapatan adsense ya..., Pelajari lebih lanjut testimony Kenapa Blog Niche Blogger Tidak Cocok Untuk Adsense. Sekarang kita analisa lebih jauh apa saja sih yang menyebabkan harga BPK kadang naik kadang turun?

1- Nilai BPK bergantung ketersediaan harga yang di tetapkan oleh inventaris

Nilai BPK / CPC sangat dipengaruhi oleh pasar dan tergantung dengan adanya berbagai faktor seperti pengiklan yang menawar pada kata kunci dan nilai BPK yang bersedia mereka bayar. Misalnya, BPK menjadi turun pada awal setiap kuartal jika pemasar mengubah anggaran. Selain itu Nilai BPK yang diberikan pada setiap iklan itu pun juga berbeda-beda, tergantung dari besarnya bid yang diberikan oleh pengiklan.

2- Karna sebab RKT/PPS laman menurun

Tinggi rendahnya Harga dan nilai BPK ataupun CPC ini juga sering dipicu karana adanya RKT/PPS laman yang menurun, Menurunnya RKT/PPS sendiri juga karna disebabkan oleh desain laman situs yang tidak optimal atau karena penargetan yang buruk. Pengunjung tetap melihat iklan Anda namun tidak mengekliknya karena dianggap tidak relevan sehingga tidak mengundang minat mereka untuk mengeklik iklan atau bahkan mereka tidak melihat iklan Anda sama sekali. RKT/PPS laman rendah atau trafik situs yang turun sering menyebabkan berkurangnya penghasilan.

Yang jelas Bukan Adsense Yang Lesu, Tetapi Kontennya Yang Kurang Bermutu Pelajari selengkapnya...

3- Terjadinya pergeseran lelang iklan

Faktor lain yang membuat harga BPK/CPC Iklan Adsense naik turun juga karena adanya lelang iklan, Hemmm...ada juga ya lelang iklan dalam adsense selain pelelangan ikan ?, saya sendiri sempat berpikir kenapa ya? Google menggunakan lelang segala untuk menentukan iklan yang tampil di halaman. Seperti yang Anda ketahui, pengiklan Google Ads di Google Display Network mengajukan tawaran untuk menampilkan iklan mereka di situs penayang AdSense untuk semua konten.

Lelang iklan digunakan untuk memfilter iklan yang akan ditampilkan di halaman dan menentukan jumlah penghasilan Anda dari iklan tersebut. Pada lelang biasa, bagi penawar (pengiklan) yang tertarik dengan menyebutkan harga maksimum yang ingin dibayarkan untuk membeli item tertentu. lelang iklan Google kemudian mengizinkan pengiklan menyebutkan harga yang ingin dibayarkan untuk klik di iklan atau tayangan yang ditayangkan di halaman AdSense.

Karena lelang iklan memberi peringkat kepada pengiklan berdasarkan tawaran dan Angka Mutu mereka, hal itu memberikan situasi yang saling menguntungkan, lelang akan menetapkan unit iklan kepada pengiklan yang memberi nilai paling besar, oleh karena itu iklan yang menang itu berasal dari pengiklan yang bersedia untuk membayar dengan harga tinggi, dengan demikian maka iklan tersebut akan menduduki ranking pertama yang membuat iklan selalu tampil di semua situs dan mendominasi dari unit iklan lainya.


Disitus saya sendiri triknews setelah pembayaran 23 Agustus 2018 kemarin, terhitung mulai tanggal 01 sampai dengan 31 Agustus (1 bulan ) menunjukan peningkatan pendapatan pada kisaran 30% di banding bulan Juli lalu, melihat fenomena segar ini tidak membuat saya langsung girang, karna pada dasarnya nilai BPK / CPC sering mengalami Fluktuatif, artinya tidak stabil yang menunjukan gejala yang tidak tetap dan selalu berubah-ubah karna sebab stuasi dan kondisi.


Tindakan yang disarankan terhadap penurunan BPK

Jika penghasilan Anda telah berkurang karena terjadi penurunan dalam BPK, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil:

  • Pastikan Anda menggunakan ukuran iklan dengan performa terbaik, karena dapat meningkatkan BPK dan RKT. Ukuran paling optimal adalah 720x90, 336x280, 160x600, dan spanduk seluler 320x100. Pelajari lebih lanjut Kiat kiat pengoptimalan adsense yang pas dan tepat sasaran.

    Catatan : Keseimbangan unit iklan juga bergantung dari tema dan niche blog, bisa jadi rekomendasi unit iklan diatas cocok dengan blog saya tetapi kurang cocok jika diterakan di blog Anda. Evaluasi terus serta jalankan eksperimen-eksperimen yang ada yang cocok untuk tema blog anda.
  • Pastikan Anda tidak mencekal iklan yang tidak perlu dicekal. Jika blog anda terlalu banyak mencekal sumber pengiklan, jaringan iklan, atau kategori umum maupun sensitif, BPK otomatis akan menjadi turun karena pengiklan dalam lelang yang menawar inventaris Anda menjadi lebih sedikit. Pelajari lebih lanjut dilaman Google support panduan cara mengizinkan dan mencekal iklan.
  • Ikut sertakan unit iklan Anda untuk menampilkan iklan teks dan bergambar. Guna memastikan situs Anda memiliki akses ke sebanyak mungkin inventaris iklan dan ini akan membantu meningkatkan tekanan lelang dan menaikkan BPK iklan dalam blog anda.
  • Musim dapat memengaruhi tawaran pengiklan - misalnya, pengiklan ritel dapat menaikkan tawaran pada saat tertentu dalam setahun bila penjualan aset dan bisnis mereka cenderung meningkat.

Ok barang kali sampai disini uraian saya yang menjelaskan apa saja yang dapat mempengaruhi harga BPK / CPC Iklan Adsense bisa Naik Turun.