Kolesterol Tinggi ? Konsumsi 5 Makanan Ini Agar Kolesterol Cepat Turun

Triknews - 5 Makanan Alami Yang Cepat Menurunkan Kolesterol. Makanan yang tinggi lemak jenuh dan kolesterol bisa menyebabkan penimbunan lemak yang berlebih dan menyumbat pembuluh darah serta menghambat aliran darah ke arteri. Makanan seimbang dan rendah kolesterol dapat mencegah beberapa masalah kesehatan paling umum yang mengancam kita, seperti penyakit jantung, serangan jantung, angina, stroke, pembekuan darah, dan aterosklerosis, ketahui apa sebenarnya kolesterol, fungsi gejala dan bahayanya bagi tubuh.


Kolesterol bersumber dari hati dan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Kadar kolesterol yang ada dalam tubuh harus selalu dikontrol supaya nggak melebihi batas normal yaitu di bawah 200 miligram per desiliter (mg/dl). Apabila kadar kolesterol nggak dikontrol, maka tubuh akan rentan terkena penyakit, seperti stroke hingga jantung. Untuk menjaga kadar kolesterol dan menurunkan kolesterol dalam tubuh, maka dari itu, untuk menjaga kebugaran tubuh, lakukannya dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang rendah kalori dan kolesterol.

Adakah makanan yang mampu menurunkan kolesterol?

Kolesterol tinggi adalah salah satu penyakit yang mulai banyak dikeluhkan oleh masyarakat. Jika tidak segera dikendalikan, kolesterol yang terlampau tinggi bisa membuat Anda terkena stroke hingga serangan jantung. Anda bisa mengatasi masalah kolesterol tinggi ini dengan makan makanan penurun kolesterol, dan buah penurun kolesterol.



Ketahui Daftar Nama Penyakit dari A sampai Z lengkap...

1- Kacang-kacangan

Kacang memiliki kandungan serat larut yang sangat tinggi. Kandungan serat tersebut dapat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh sehingga kacang juga cocok menjadi makanan untuk diet yang sehat. Mengonsumsi kacang-kacangan secara teratur selama 6 minggu dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 10%. Jenis kacang-kacangan yang dapat dikonsumsi antara lain seperti kacang panjang, kacang merah, kacang almond, dan buncis. Selain itu, kacang kedelai juga bisa menjadi alternative karena kedelai memiliki zat isoflavone yang dapat menekan kolesterol jahat di aliran darah . Makanan dari kacang kedelai yang mudah dikonsumsi antara lain tahu, tempe, oncom, dan susu kedelai. Mengonsumsi sebanyak minimal 25 gram protein kedelai perhari sangat disarankan untuk menurunkan kolesterol.



2- Alpukat

Alpukat banyak mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Beta-sistosterol yang terkandung dalam alpukat juga membantu mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Namun karena kandungan kalori dan lemak dalam alpukat yang cukup tinggi, sebaiknya kamu tetap harus membatasi jumlah konsumsi alpukat supaya nggak berlebihan.


3- Ikan Salmon

Ikan Salmon bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dan meningkatkan produksi kolesterol baik (LDL) dalam tubuh karena banyak mengandung omega-3. Ikan salmon juga mengandung EPA dan DHA yang baik bagi kesehatan jantung. Mengonsumsi ikan salmon atau ikan lain seperti tuna, sarden, atau makarel secara reguler sebanyak 2 porsi dalam seminggu mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

4- Putih telur

Kuning telur terkenal bisa meningkatkan kadar kolesterol, menyebabkan banyak orang tidak melirik telur sebagai bahan makanan yang sehat. Pilih putih telur untuk pilihan makanan rendah kolesterol. Siapkan omelet putih telur dengan sayuran segar, dan gunakan putih telur saat memanggang dan memasak hidangan utama.

5- Apel

Apel, terutama bagian kulitnya, mengandung pektin. Pektin adalah sejenis serat larut yang dapat membilas kolesterol jahat LDL dalam tubuh. Pektin ini bekerja dengan menyerap kolesterol dan lemak jahat dari makanan dan mengeluarkannya lewat urine dan feses.

Selain kaya serat, apel juga mengandung tinggi polifenol, yaitu sejenis antioksidan kuat yang dapat mengurangi peradangan. Dengan rutin makan apel, jantung Anda menjadi lebih sehat dan terhindar dari risiko penyakit jantung.