Cara Mengubah Background Atau Latar Pas Foto dengan Photoshop

Triknews - Cara Mengubah atau mengganti Background Atau Latar Pas Foto dengan Photoshop. Pas foto adalah foto kecil yang merupakan identitas diri yang memuat foto mulai dari kepala sampai dada, di Indonesia pas foto memiliki tiga ukuran standar diantaranya adalah 2×3, 3×4 dan 4×6. Juga populer dengan dua latar berbeda yaitu biru dan merah. Biasanya pas foto berwarna biru dan merah digunakan untuk Kartu Tanda Penduduk (KTP). Dimana pas foto latar biru menandakan pemilik KTP dengan tahun kelahiran genap dan pas foto latar merah menandakan pemilik KTP dengan tahun kelahiran ganjil.

Cara membuat pas foto pada Photoshop bukanlah hal yang sulit, terdapat banyak cara untuk memanipulasi foto menggunakan aplikasi yang satu ini. Salah satunya yaitu dengan metode yang akan kita gunakan pada pembahasan kali ini. Selain merubah background, juga akan menggunakan beberapa tools lain seperti memotong foto dan menghaluskan hasil editan agar terlihat lebih realistis.

Penggunan warna pada background pas foto ini dilakukan sebagai acuan tahun lahir pemilik foto. Pada umumnya pemilik foto yang lahir pada tahun ganjil harus menggunakan background berwarna merah.

Sebaliknya jika lahir pada tahun genap maka harus menggunakan background berwarna biru. Namun adakalanya ketentuan tersebut berubah atau tidak sesuai tergantung tempat dan wilayah penggunaannya sehingga akhirnya harus merubah warna background. Awalnya berwarna merah menjadi biru demikian pula sebaliknya.

Hal sepele seperti itu tentunya bisa disiasati tanpa harus berfoto lagi atau bahkan meminta bantuan editor. Saat ini sudah banyak tersedia software atau tools untuk mengedit foto, termasuk juga mengganti warna background. Salah satu software yang cukup populer yakni Adobe Photoshop.

Cara Mengubah Background Atau Latar Foto dengan Photoshop

Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tutorial mengenai cara mengganti background foto dengan Adobe Photoshop 6. Anda tidak harus menggunakan Photoshop versi 6, anda bisa menggunakan versi dibawahnya, toh letak menunya sama dan tidak jauh berbeda.

Baca juga :

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah anda buka dan jalankan Adobe Photoshop dan tunggu hingga keluar jendela seperti dibawah ini.

2. Anda masukkan foto yang akan diedit dengan menekan CTRL + O atau dengan memilih menu File kemudian klik Open lalu pilih foto yang anda inginkan. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengklik foto dan tahan lalu arahkan ke area kerja Adobe Photoshop.

3. Setelah foto berhasil dimasukkan, pertama kali yang harus anda lakukan adalah menggeser gambar ke tengah-tengah lembar kerja dengan mengeklik icon kotak pada gambar.


4. Selanjutnya pilih menu Image lalu Adjustment kemudian pilih Replace Color, disini merupakan bagian terpenting untuk merubah background foto.


5. Pada menu Replace Color anda pilih Eyedropper Tool kemudian arahkan ke background, maka secara otomatis semua warna biru akan terpilih, pada Result pilih warna pengganti yang anda inginkan.


6. Jika masih ada warna merah yang tersisa secara samar – samar lakukan hal yang sama, namun kali ini jangan menggunakan Eyedropper Tool melainkan gunakan Add To Sample yang berada tepat disampingnya. Setelah merasa sesuai klik OK.


7. Terakhir simpan, pilih File, kemudian pilih Save As, pilih format JPEG atau PNG. Dalam hal ini foto yang kami gunakan memiliki kualitas lebih murni dan warna biru hanya terdapat pada background saja, maka tidak akan ada perubahan warna yang terjadi selain pada backgroundnya.

Pada dasarnya fungsi dari Replace Color adalah untuk mengganti satu warna yang sama dalam satu file. Oleh karena itu tools ini sangatlah cocok untuk mengganti warna background pada pas foto. Itulah tutorial cara mengganti background foto dengan photoshop