Bukan Adsense Yang Lesu, Tetapi Kontennya Yang Kurang Bermutu

Mengapa Pendapatan AdSense Semakin Kecil, Mengapa Penghasilan Adsense Lesu, Apa Penyebab Penghasilan Adsense lambat meningkat ?, 3 pertanyaan yang sering dikeluhkan para publiser. Mendapatkan banyak klik adsense dengan jumlah yang sigdifikan merupakan keinginan dari sekian banyaknya publiser adsense. Hal ini akan bisa terwujud tidak terlepas dari potensi konten yang terdapat dalam website itu sendiri, serta seberapa keistemewaan mutu konten yang kita sajikan kepada pengunjung.


Dari hasil investigasi yang saya lakukan menunjukkan bahwa begitu banyak konten konten yang kurang bernilai, cara penyajian yang kurang mengena dihati para pembaca, sumber data yang begitu masif pembuktian serta fakta yang begitu fiktiv sehingga pengunjung kurang percaya yang menyebabkan pengunjung menjadi kapok untuk berkunjung kembali di lain waktu, Nah inilah dampak dari cara posting blog yang asal asalan, yang penting hadir yang penting posting.

Tidak lama ini ada kawan blogger yang menanyakan kepada saya, ‘Mengapa penghasilan Adsense seringkali berubah atau ada kenaikan dan penurunan secara drastis pada nilai CTR dan RPM?. Hal pertama yang harus di pahami tentang Adsense adalah, bahwa seberapa banyak yang Anda peroleh, tergantung dari seberapa besar uang yang dibelanjakan oleh pengiklan AdWords.

Ingat, iklan yang tampil di blog kita, dibayar oleh pengiklan AdWords!

Analisa sistem dan mengatasi masalah

Diantara beberapa faktor untuk mendorong pendapatan dari Iklan Google AdSense yang paling berpengaruh adalah :

  • Readable Content.
  • Visitor Organik.

jika anda tidak memiliki keduanya maka siap-siap saja iklan dalam blog anda tidak terlihat, atau blog menjadi lahan parkir gratis bagi iklan Google AdSense.

Apa Sih Readable Content ?
Readable Content adalah hal hal yang berkaitan dengan nilai dan bobot konten, Secara bahasa umum Adalah konten yang enak dan pas untuk dibaca, sedangkan secara teoritis adalah konten yang dapat memberikan kenyamanan kepada pembaca karena ada manfaat yang dapat mereka ambil sehingga bisa berdampak baik terhadap psikologinya.

Visitor Organik
Jika blog dalam satu hari dibanjiri visitor kisaran, tidak usah banyak banyak 3K saja maka tidak menutup kemungkinan kita memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan banyak klik iklan, tapi ingat ini hanya peluang yang artinya belum menjadi kenyataan karena bisa jadi pengunjung enggan mengklik iklan.

Dari dua poin diatas adalah benefit yang dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap situs sekaligus pengelolanya. Dengan begitu situs akan memiliki reputasi tinggi di search engine dan tidak menutup kemungkinan akan menjadi situs referensi yang diprioritaskan oleh Google untuk di favoritkan dan di munculkan di search pencari.

Baca juga : Jangan Membuat konten Berkualitas..? Ini Alasanya

Jika ke dua poin ini terabaikan, maka tidak ada hal produktif yang bisa berdampak kepada pengguna, sehingga wajar kalau mereka tidak tertarik untuk melakukan surfing di halaman situs anda.

Jika situs memiliki riwayat lalulintas visitor yang baik maka hal ini akan sangat berpengaruh kepada latensi iklan, paling tidak frekwensi tayangan iklan tinggi sehingga bisa memicu bot Google Adsense untuk menampilkan iklan yang lebih baik.

Visitor yang baik adalah mereka yang sedang mencari referensi kemudian menemukan topik yang dicarinya pada situs kita, dikenal dengan istilah uv (unique visitor) atau visitor organik. Biasanya visitor organik ini bisa bertahan lama di halaman landing karena pengunjung benar-benar memperhatikan dan menikmati konten, karna sejatinya konten adalah raja, konten adalah sebuah umpan dalam kail yang diburu pembaca.

Catatan untuk perbaikan :
Mulai sekarang perbaiki isi konten, sorot nilai konten yang sering di buru pembaca, berpikirlah anda seperti membeli baju di toko, tentunya anda tahu mana baju yang kualitasnya bagus dan awet di pake, meskipun fungsi dan bahanya baju itu sama.