Cara Cerdas Memilih Investasi Yang Aman

Bagaimana cara berinvestasi yang aman dan menguntungkan? - Berinvestasi merupakan aset tabungan untuk hari nanti pada masa yang akan datang untuk kehidupan yang lebih baik. Membeli tanah ataupun properti untuk berinvestasi secara jangka panjang salah satu pilihan tepat dan bisa dilakukan dengan cara tunai atau kredit. Akan tetapi, pembeli properti atau tanah yang aman seharus nya memperhatikan beberapa hal terebih dahulu.


Untuk saat ini investasi tanah lah yang memang sangat menjanjikan dan dapat memberikan keuntungan yang sangat besar. Namun sebaliknya jika berinvestasi di bisnis jual beli tanah tanpa perhitungan yang akurat bisa saja berbuntut sebuah boomerang yang dapat mengakibatkan kerugian bahkan dengan skala yang sangat besar.

Investasi di bidang jual beli tanah kapling kini mulai di lirik oleh banyak kalangan dikarenakan memiliki nilai yang tidak akan berkurang justru akan semakin bertambah seiring dengan waktu. Kebutuhan hidup yang semakin meningkat dan harga-harga yang semakin melonjak tinggi membuat banyak orang berpikir bahwa gaji bulanan saja tidak cukup.

Bagi investor pemula yang ingin berinvestasi di bidang properti, investasi tanah memang merupakan pilihan yang paling tepat karena risikonya relatif lebih kecil. Selain itu, biaya yang dibutuhkan juga kecil jika dibandingkan investasi rumah, ruko, apartemen, ataupun pergudangan.

Baca juga :
Cara Memulai Investasi Properti dengan Aman dan Benar.

Nilai investasi yang aman dan tidak pernah menurun adalah investasi tanah. Tidak perlu ditanyakan lagi mengapa investasi tanah ini merupakan investasi yang menguntungkan dan menggiurkan. Lahan pertanahan yang kini makin terbatas membuat semua orang menginginkannya apalagi jika jumlah populasi semakin meningkat tidak terkendali seperti saat ini. Oleh sebab itu mengapa harga tanah setiap tahunnya akan meningkat.

Tapi sebaiknya ketika berinvestasi jangan hanya faktor keuntungan saja yang dikedepankan, faktor keamanan juga harus mendapat prioritas. Jangan sampai keuntungan baru hanya sebatas angan tapi tanah yang dibeli malah raib.

Untuk menghindari hal tersebut, ada sejumlah faktor yang perlu dipertimbangkan ketika Anda ingin mencari dan membeli tanah, berikut beberapa tipsnya,

Pertimbangkan Harga.
Khusus jika anda berinvestasi tanah, Salah satu hal yang paling penting untuk Anda pikirkan ketika berada di tahap awal pencarian properti adalah anggaran. Sebelum membeli properti, sebagai investor sebaiknya lakukan survei terlebih dahulu, cari harga yang nilainya wajar dengan nilai pasar.

Seringkali vendor atau pemilik properti terbuka menawarkan harga penjualan. Karena itu sebagai pembeli, Anda harus bisa menegosiasikan kesepakatan yang lebih baik, terutama jika pembelian dilakukan secara tunai. Karena investasi yang Anda pilih akan mempengaruhi keuntungan yang potensial dalam jangka pendek dan jangka panjang.

Tentukan Lokasi.
Lokasi yang tepat adalah salah satu kunci penting untuk membuka pintu ketika ingin berinvestasi properti yang sukses, jadi pastikan Anda survei dan menelusuri lokasi yang banyak diminati.

Jika anggaran terbatas, ingat istilah ini “Membeli properti terburuk di wilayah terbaik bisa lebih baik daripada membeli yang terbaik di lokasi terburuk".