Ukuran Suhu Ruangan Yang Ideal Dan Pas Sesuai Habitat Alami Burung Walet

Ukuran suhu normal ruangan gedung yang sesuai habitat burung walet - Bisnis sarang burung walet kini hasilnya semakin menjanjikan Berani Coba ?. Budi daya sarang burung walet kini makin marak, banyak peternak-peternak sarang burung walet dadakan yang meraup keuntungan yang begitu besar, cara praktek budidayanya pun terbilang mudah asal anda telaten dan mau bekerja sungguh-sungguh, namun bagi peternak walet pemula terkadang bingung masalah berapa suhu dalam ruangan walet yang pas sesuai temperatur tumbuh kembang biakan burung walet.


Digital RH Temperature Hygrometer.

Untuk membuat burung walet senang betah bereproduksi di dalam gedung walet yang baru dibuat, perlu strategi pengaturan Suhu dan kelembaban yang tepat mirip dengan gua-gua alami. Umumnya suhu dalam gua ataupun perbukitan alami berkisar antara 24-26 derajat Celcius dan kelembabanya antara 80-95 %. Agar suhu dan kelembaban dalam gedung dapat menyerupai gua-gua alami, selain ukuran ketinggian dan konstruksi gedung burung walet, perlu juga di lakukan langkah perhitungan yang cermat tepat pas sesuai habitat burung walet. Oleh sebab itu ada baiknya mempertimbangkan terlebih dahulu bahan dan kontruksi bangunan sebelum mendirikan rumah burung walet agar hasil panen menjadi maksimal, Dengan demikian suhu dan kelembaban di dalam gedung tidak akan terpengaruh oleh suhu dan kelembaban di luar gedung.

Baca juga :

Kelembaban dan suhu udara di dalam gedung walet dapat dikontrol dengan alat yang disebut Hygro thermometer. Apabila keadaan udara dalam ruangan tersebut tidak sesuai dengan mikkro habitat walet, maka kita dapat menggunkanan cara alternatif yaqni dengan pengontrol suhu Hygro thermometer. Alat ini dapat ditempatkan pada bagian yang paling mudah beradaptasi dengan keadaan udara di luar gedung, yaitu di bagian yang paling dekat dengan lubang keluar masuk burung.

Pengaturan suhu ideal yang tepat untuk rumah walet

Suhu Rumah Walet Ideal yakni antara 26-29 Derajat Celcius. Suhu dengan ukuran tersebut di yaqini sangat stabil selama 24 jam, namun ada beberapa peternak walet yang mengatakan masih bisa di toleransi untuk suhu sampai 30 derajat celcius, ingat..! jangan sampai melebihi 30 derajat baik siang maupun malam hari.


Analog Thermo-Hygrometer.

Kelembapan Ideal Gedung Walet
Sedangkan Kelembapan yang ideal untuk rumah walet yakni antara 70-95 Derajat Celcius. Terutama pada suhu ruangan sebaiknya kelembanya juga harus dijaga jangan sampai kurang atau melebihi, jika kelembapan lebih dari 70-95 Derajat Celcius maka sang burung walet akan susah untuk mengeluarkan liurnya untuk membuat sarang, dan apabila kelebihan di bawah setandar, maka liur sang burung walet juga akan lambat mengering selain itu juga akan sangat tidak baik untuk sirip walet karena akan membuatnya lebih cepat ditumbuhi jamur karena kelembapan yang terlalu tinggi.

Lalu bagaimana mengetahui suhu dan kelembapan pada rumah burung walet ? Hygro thermometer adalah alat untuk mengetahui suhu sebuah ruangan. Sedangkan adalah sebuah alat yang kegunaannya untuk mengetahui kelembapan ruangan. Sedangkan Termohigrometer adalah gabungan dari kedua alat tersebut yang kini dah banyak jual, bentuk dan fisiknya ada dua macam yaitu tampilan Digital dan analog