Buah dan Tanaman Herbal Ini Mampu Menurunkan Tensi Penyakit Demam Berdarah

Triknews - Musim hujan tiba, waspadalah terhadap serangan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Beberapa daerah di Indonesia saat ini sedang mewabah demam berdarah. Sebelum kena, sebaiknya kita Mengetahui Secara Dini Tanda-tanda Penyakit Deman Berdarah dan Cara Mencegah Serta Langkah Cepat Mengobati Bemam Berdarah Dengeu (DBD) hingga mengenali Ciri-ciri Nyamuk Deman Berdarah.

Ketahui Secara Dini Tanda-tanda Penyakit Deman Berdarah (DBD)
Baca selengkapnya...


Kunci utama untuk menurunkan kemungkinan komplikasi atau kematian pada penderita demam berdarah adalah dengan memberikan asupan yang dapat menaikkan jumlah trombosit pada saat memasuki fase kritis. Bagaimana caranya? caranya adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang saya sebutkan berikut ini :


1- Jambu biji
Jambu biji mengandung trombinol yang mampu merangsang trombopoietin lebih aktif, sehingga dapat menghasilkan keping darah yang lebih banyak memicu pembentukan platelet atau trombosit darah baru. Karena pasien demam berdarah memerlukan asupan yang mudah dicerna, maka sebaiknya jambu biji diolah dulu menjadi jus. Kandungan air pada jus juga baik untuk mencegah dehidrasi sehingga dapat mempercepat penyembuhan demam berdarah.



2- Angkak
Angkak untuk menyembuhkan DBD
Selain jambu biji, ada angkak yang dipercaya baik dikonsumsi saat gejala demam berdarah menyerang. Sudah banyak berbagai penelitian yang dilakukan untuk membuktikan mengenai angkak sebagai obat demam berdarah alami. Perlu diketahui, angkak adalah salah satu jenis beras merah dari Tiongkok yang difermentasi dengan ragi Monascus purpureus. Sebuah penelitian dari IPB tahun 2012 menunjukkan bahwa pemberian kapsul angkak dapat meningkatkan trombosit pada tikus putih yang dibuat trombositopenia (kadar trombosit dalam darah yang rendah).

Seperti yang kita tahu bahwa pasien DBD mempunyai kadar trombosit yang rendah yang membuat penyakitnya semakin parah. Dengan pemberian angkak yang dapat membantu peningkatan kadar trombosit, maka pasien DBD kemungkinan lebih cepat sembuh.





3- Echinacea
manfaat echinacea:
Echinacea merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang umumnya digunakan untuk mengobati demam dan flu pada masyarakat Amerika bagian Utara. Menurut Pakistan Journal of Clinical and Biomedical Research, echinacea dapat memicu produksi protein dan interferon tambahan, sebagai reaksi terhadap serangan bakteri dan virus. Maka dari itu, echinacea mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengoptimalkan kemampuan sel darah putih dalam menangani infeksi virus, termasuk virus dengue.

Rekomendasi penting untuk Anda ketahui : Daftar Nama Penyakit dari A sampai Z lengkap


4- Daun pepaya
manfaat daun pepaya Dua peneliti dari India telah meninjau laporan-laporan penelitian yang telah dilakukan dan mendapatkan bahwa ekstrak daun pepaya dapat membantu meningkatkan angka trombosit dalam darah seseorang yang mengalami demam berdarah dengue. Ini diduga karena daun pepaya dapat membantu menstabilkan dinding sel keping darah sehingga tidak mudah dihancurkan oleh virus dengue.

Anda bisa menggunakan 50 gram daun pepaya sebagai obat demam berdarah alami dengan cara mencucinya dahulu menggunakan air hingga bersih. Setelahnya, tumbuk daun hingga halus, namun jangan sampai menjadi bubuk. Lalu, Anda bisa mencampurkan air dan peras air tumbukan daun pepaya. Minum air daun pepaya sebanyak 3 kali dalam sehari.


5- Makan buah atau sayuran yang kaya akan kandungan vitamin C
kebutuhan vitamin C saat puasa Vitamin C, yang juga dikenal sebagai asam askorbat, memiliki beberapa peran penting dalam tubuh. ini membantu dalam perbaikan, pertumbuhan dan perkembangan jaringan sel tubuh. Pentingnya lagi, vitamin C daoat memberi kekuatan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan antibodi dan produksi sel darah putih.


6- Buah kurma
Kandungan gula alami, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa,pada kurma terbukti mampu mengembalikan energi tubuh Anda yang masih lemas atau lemah pasca mengalami demam dengue. Tidak hanya itu, zat besi pada kurma secara alami juga dapat menambah jumlah trombosit dalam tubuh. Ditambah lagi, kandungan asam amino dan serat pada kurma juga mampu melancarkan pencernaan.

Anda bisa mengonsumi buah seperti jambu, lemon, jeruk, pepaya, stroberi, kiwi dan mangga untuk membantu proses penyembuhan DBD. Sedangkan sayuran kaya vitamin C yang bisa dikonsumsi saat terkena DBD adalah, kubis, brokoli, kembang kol, dan labu kuning.